EnglishIndonesian

5 Kelebihan Kalau Anda Masak Sendiri di Rumah

Home cooking atau biasa dikenal dengan sebutan masakan rumahan, sering kali dipilih banyak orang karena memiliki banyak keuntungan.

Meski sederhana, masakan rumahan tetap jadi favorit orang-orang. Masakan rumahan dinilai lebih sehat karena seseorang lebih bisa mengontrol kualitas dan kebersihannya. Selain itu, masakan rumahan juga memiliki 5 keuntungan lainnya seperti yang dilansir dari Star 2 (8/8), sebagai berikut.

1. Lebih murah

Dengan masak sendiri di rumah tentunya akan membuat kantong Anda lebih hemat. Selain itu Anda juga bisa membuat masakan dengan porsi yang banyak. Sehingga bisa untuk persediaan untuk makan siang atau selanjutnya.

Anda cukup membekukan makanan tersebut agar bisa tahan lebih lama. Berbeda dengan membeli makanan jadi dari restoran-restoran di luar. Harganya relatif mahal, porsinya pun hanya untuk sekali makan.

2. Lebih banyak waktu untuk keluarga

Selain bisa berhemat, masak dan makan di rumah akan membuat waktu Anda bersama keluarga menjadi lebih banyak. Anda dapat duduk bersama dengan keluarga Anda sambil menikmati hidangan di meja makan.

Setelah makan, juga bisa diselingi dengan obrolan hangat. Sehingga hubungan dengan keluarga bisa lebih erat dan intim lagi. Bayangkan jika Anda memiliki jadwal kerja yang sibuk. Hal itu akan membuat Anda menghabiskan banyak waktu di luar rumah, bahkan untuk makan sekalipun.

3. Bumbu alami

Memasak sendiri di rumah juga lebih sehat. Karena anda akan lebih selektif memilih bahan dan bumbu yang alami, berkualitas baik dan masih segar. Selain itu dalam proses memasaknya juga dilakukan dengan sebaik mungkin.

Seperti menambahkan bumbu alami tentu memberi rasa makanan yang lebih enak dan sehat. Anda juga bisa memilih bahan-bahan makanan yang lebih menyehatkan, lebih sedikit lemak, lebih segar dan jelas asal usulnya.

4. Mudah menerapkan konsep gizi seimbang

Dengan memilih bumbu dan bahan masakan yang lebih sehat, tentunya Anda juga akan bisa merencanakan pola makan gizi seimbang. Termasuk memastikan apakah kebutuhan tubuh sudah terpenuhi atau belum.

Selain itu, Anda juga bisa mengontrol asupan camilan hingga minuman yang kurang menyehatkan. Penerapan pola makan sehat dengan gizi seimbang menjadi lebih mudah untuk keluarga.

5. Lebih bersih

Memasak di rumah lebih terjamin kebersihannya. Karena Anda memilih bahan, alat, mencuci sayuran dan bahan lainnya dengan pengawasan sendiri yang tentunya lebih terjamin kebersihannya daripada restoran.

Demikian juga dengan kebersihan alat makan, dapur, hingga area persiapan makanan juga Anda tangani sendiri. Termasuk saat penyajian makanan hingga penyimpanan makanan jika bersisa. Semuanya akan Anda lakukan dengan tingkat kebersihan yang tinggi karena akan dikonsumsi keluarga sendiri.

https://food.detik.com/kabar-kuliner/d-4682431/ini-5-kelebihan-kalau-anda-masak-sendiri-di-rumah